Rabu, 01 April 2009

Geostrategi Taneh Karo


Geostrategi dan Geopolitik Taneh Karo
( Man Kam Perbapan)


Para pemikir strategi selalu berfikir dengan landasan geofrafie, katakanlah Karl Haushofer dari Jerman yang memberikan konsep ruang dalam hasil karyanya, bahwa sebuah bangsa akan menjadi besar apabila mengenal ruang hidupnya. Pemikirannya inilah yang mengilhami pemimpin Jerman seperti Hitler dalam membangun bangsanya, namun kemudian kelewatan ingin menguasai benua Eropa, namun pelajaran yang dapat diambil bahwa sebuah bangsa akan menjadi besar apabila bangsa tersebut mengenal ruang hidupnya.

Untuk bangsa Indonesia, saat ini mulai timbul pemikiran-pemikiran jernih, bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa kepulauan/lautan dan akan menjadi besar apabila strategi pembangunan bangsanya berorientasi kepada maritim, lambat namun belum terlambat.

Dalam skala kecil bagaimana dengan Taneh Karo Simalem, apa dasar pengembangannya, sehingga akan eksis sepanjang usia jaman. Jawabnya adalah perpaduan bentuk ruang hidupnya atau geografie dengan sifat penduduknya. Perpaduan ini akan membentuk Taneh Karo yang hidup, dinamis, eksis dan selamat dalam perkembangan jaman, inilah yang disebut Geopolitik dalam hal ini Geopolitik Taneh Karo Simalem.
Taneh Karo suatu wilayah bumi dengan kontur dataran tinggi dan pegunungan, memiliki puncak gunung Sinabung, Sibayak, Barus, Sipiso-piso dan dilalui Lau Biang membentang memberi masyarakat Karo tanah yang subur, alam yang sejuk dan indah membentuk Value Karo.

Sebagai sebuah entitas, masyarakat Karo tentunya mempunyai suatu nilai budaya yang menjadi penuntun sehingga dapat bersaing dengan entitas lain, biasanya nilai ini dirumuskan dari sejarah, atau pada kondisi tertentu dari rekayasa pemimpin yang mengenal rakyat dan wilayahnya, inilah fungsi utama seorang pemimpin, dia dapat merumuskan visi dan tujuan bersama secara tepat, pemimpin seperti inilah yang akan menjadi pemimpin yang kuat dalam masyarakat dan dapat membawa Taneh Karo ke arah kejayaan.

Kami tidak mengidentifikasi langkah nyata dalam perumusan Geopolitik dan Geostrategi Taneh Karo, adalah tugas pemimpin untuk merumuskannya. Ini hanya satu pesan, bahwa dalam membangun Taneh Karo semestinya bercirikan value (nilai) Taneh Karo, maka cari, temukan dan kembangkan lah dia.

Sentabi ras Mejuah-juah
Cipulir, 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar