Minggu, 14 Desember 2014

Arih - arih, Erban Yayasan Tualah Sirulo (sebuah pemikiran)

RENCANA GARIS BESAR (RGB)
PENDIRIAN “YAYASAN TUALAH SIRULO”
( Berbasis Web atau Jejaring Sosial)



1.            PENDAHULUAN

Desa Perbesi sebagai desa tempat kelahiran, desa identitas (suku Karo mengenal desa asal sebagai identitasnya) dan sekaligus sebagai desa tujuan pulang kampung (kuta kemulihen) adalah pemersatu yang dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi dan wadah sosial.  Desa Perbesi sekaligus juga dapat menjadi objek kegiatan sosial  yang  akan memberi manfaat bagi penduduknya. Adalah tanggung jawab sosial bagi seluruh pribadi yang berakar dari desa Perbesi untuk turut berbuat baik bagi desanya, walau sekecil apapun kontribusinya.
Penduduk yang berasal atau berakar dari desa Perbesi, sudah cukup banyak di luar desa Perbesi maupun di desa Perbesi sendiri dan hidup dari beragam lapangan pekerjaan, sebagian besar masih memiliki ikatan emosi dengan desa Perbesi serta berkeinginan berkontribusi bagi perkembangan positif desa Perbesi dan penduduknya.
Desa Perbesi adalah desa yang sedang berkembang, namun sebagaimana layaknya sebuah desa yang sedang berkembang, sering mengalami pasang surut dalam kegiatan sosial ekonominya. Khususnya dalam bidang pendidikan, perlu terus digiatkan, sehingga akan bertambah preatsi-prestasi dari anak-anak dari desa Perbesi. Atas dasar tersebut, pendirian sebuah yayasan yang berbasis sosial dan non profit dirasakan perlu dibentuk, sebagai wadah komunikasi dan aksi positif antar komunitas Perbesi dengan desanya.

2.            BENTUK YAYASAN

             a.            Struktur Organisasi
            Organisasi yang ingin dibentuk adalah sebuah yayasan sosial dan non profit dengan struktur                organisasi terdiri dari :

1)            Dewan Pengarah. Sejumlah orang yang dipilih dari anggota, bertugas menentukan /menetapkan kebijakan dan aksi  sosial yayasan.  Kebijakan yang ditetapkan diusulkan oleh anggota yang kemudian dirapatkan dan diputuskan oleh Dewan Pengarah.

2)            Koordinator Umum. Adalah orang yang ditunjuk dan dipilh sebagai penggerak dan menjalankan adminsitrasi  yayasan.  

3)            Koordinator Wilayah.     Koordinator di wilayah-wilayah seluruh bumi. Berusaha untuk mencari sebanyak mungkin personel yang mau berkontribusi baik dalam bentuk pemikiran maupun dana bagi kuta Perbesi.

4)            Bidang Komunikasi dan Publikasi.             Yayasan yang dibentuk berbasis Web, dengan membuka sebuah situs, di Facebook atau media sosial lain. Sehingga dibutuhkan bidang komunikasi dan Publikasi yang mengelola situs.

5)            Bidang Keuangan.  Nama bidang ini dapat ditentukan dengan istilah lain, yang bertugas menampung dan mengelola keuangan yayasan.

6)            Bidang ............ ( Bidang lain yang dianggap dibutuhkan).

b.                  Bentuk Kegiatan Yayasan.

Yayasan bergerak dalam bidang sosial dan non profit yang ditujukan kepada penduduk dan  desa Perbesi.  Bidang utama adalah pendidikan. Sasaran utama adalah merangsang kemauan belajar dan berprestasi, dengan bentuk: pemberian pengharagaan atas prestasi, beasiswa, pengadaan fasilitas penunjang pendidikan, dll.

c.         Keanggotaan

       Anggota yayasan adalah semua orang yang menyatakan menjadi anggota dan bila memiliki akun media sosial menjadi member pada situs yayasan.  Bagi anggota yang tidak memiliki akun media sosial, dicatatkan oleh bidang komunikasi di situs yayasan.

d.            Pembiayaan

               Dana yayasan murni dari donatur anggotanya.  Dana dikumpulkan dalam satu nomor rekening yayasan (bila yayasan sudah memiliki badan hukum) atau nomor rekening yang dibuka oleh bidang dana. Besar donatur tidak mengikat,mulai dari Rp. 10.000-an sampai nilai tertentu, namun nilai maksimal bisa dibatasi sampai nilai tertentu misalnya Rp. 100.000 – Rp. 200.000,-/bulan untuk satu anggota/Donatur. (Bisa didiskusikan, maksudnya agar melibatkan semua orang sebanyak mungkin. Sehingga tujuan yang sebenarnya yaitu kepedulian secara moral setiap orang terhadap kampungnya bisa tercapai)

3.            MEKANISME KEGIATAN YAYASAN

a.            Penjaringan  Kegiatan/Aksi Sosial. Usulan kegiatan atau aksi  sosial, diusulkan oleh seluruh anggota, menyangkut bidang kegiatan yayasan. Usulan dapat dilakukan setiap saat.

b.            Rapat Dewan Pengarah. Dewan pengarah mengadakan rapat untuk menetapkan atau memilih usulan anggota yang akan dilakukan menjadi aksi yayasan (objek aksi sosial). Rapat Dewan Pengarah dilakukan:

1)            Insidentil.            Setiap saat, bila terdapat permasalahan yang perlu segera ditanggapi.

2)            Rapat Rutin.       Setiap enam bulan sekali. Untuk mengevaluasi aktifitas yayasan dan menentukan aksi sosial yang akan dilakukan.

3)            Kegiatan rapat dapat dilakukan dengan pertemuan langsung maupun melalui chating di Media sosial.

c.     Melakukan aksi sosial. Atas hasil rapat dewan pengarah, aksi sosial kemudian dilakukan. Kegiatan ini dapat direalisasikan oleh Dewan Pengarah, Koordinator maupun anggota yang ditunjuk.

4.            PENTAHAPAN PENDIRIAN YAYASAN

a.        Tahap Penjajakan/Persiapan.  Tahap persiapan dengan mengumpulkan personel dan pribadi yang se-ide, serta memulai kegiatan yayasan. Tahap ini, dimulai bulan Januari 2015 sampai pada bulan Juni 2015, dimana aksi yayasan akan dimulai dengan memberikan Beasiswa kepada anak berprestasi tingkat SMP di SMPN-Perbesi ( contoh kegiatan).

b.       Tahap Pemantapan. Setelah dimulai pada tahap penjajakan, kemudian dilakukan evaluasi yang kemudian dilanjutkan dengan menetapkan  AD/RT yayasan serta sebagai yayasan berbadan hukum atau bentuk lain. Diharapkan selesai pada bulan Desember 2015.

c.          Tapah Pengabdian.         Menjalankan yayasan sesuai dengan tujuan yayasan dan atas dasar AD/RT. Di mulai awal tahun 2016.

Catt.

a.    Apabila anggota aktif/donatur tetap dapat terjaring 100 orang. Dan bersedia mendonasikan uang Rp. 50.000/Bulan, maka dalam setiap bulan terkumpul dana Rp. 5.000.000,-. Dapat digunakan untuk dana beasiswa sebagai motivasi bagi anak-anak di desa Perbesi.

b.            RGB ini hanya berupa usulan dan sebagai bahan diskusi. Perlu usulan lain...

c.          Yang diperlukan saat ini adalah: Pribadi yang bersedia menjadi Admin pada web – group yayasan yang akan dibentuk.

d.            Pribadi yang bersedia sebagai penampung dana.

e.            Dan tentu saja pribadi yang bersedia me njadi donatur.


Sebagai Bahan Pemikiran 
Jakarta,   Desember 2014

Napindo Sebayang.

2 komentar: