Rabu, 23 Januari 2008

Wine/anggur untuk Taneh Karo


Wine, atau anggur adalah minuman mewah yang biasa ditemui dalam perjamuan-perjamuan makan, atau kalau mau menikmati sendiri pergilah ke wine shop, wine corner maka kita bisa menikmati berbagai jenis wine atau anggur, walaupun dengan harga yang tidak murah alias mahal. Dengan kata lain anggur adalah minuman yang berkelas dan mahal.


Sudah sejak ribuan tahun yang lalu, anggur dikonsumsi oleh masyarakat terutama di dunia Barat, bahkan di dalam Bible kita membaca tentang kisah anggur di perjamuan nikah dan banyak perumpamaan tentang anggur.


Banyak jenis anggur berdasarkan asal, cara pembuatan, kwalitas, tetapi secara umum kita mengenal anggur putih atau anggur merah, keduanya berasal dari buah anggur dengan proses pembuatan yang berbeda, tetapi yang jelas anggur ini adalah minuman kuno yang sudah diproduksi orang sejak dahulu kala. Cara pembuatan anggur sebetulnya tidak susah-susah sekali dengan cara pembuatan yang sederhana banyak anggur bermutu yang dihasilkan, tetapi memang semua bermula dari penanaman bibit anggur yang berkualitas.


Anggur memang bukan tanaman yang tumbuh subur di Taneh Karo Simalem, bukan tanaman yang dikenal sehingga kita hanya mengenal tuak yang berasal dari pohon nira atau kelapa dan tidak layak diproduksi karena tidak enak dan memabukkan. Tetapi mengapa kita tidak mencoba membuat anggur (Wine), karena tidak susah dan berharga tinggi.


Sekarang mulai dikenal Fruit Wine, anggur yang dihasilkan dari buah-buahan selain anggur, rasa dan kualitasnya tidak kalah dengan anggur, Taneh Karo Simalem memiliki iklim yang sejuk, penghasil buah-buahan, sehingga layak dipertimbangkan sebagai penghasil fruit wine atau wine bila bisa menanam anggur.


Ini bukan mengajak kita untuk menjadi pemabuk, anggur yang dikonsumsi dengan benar menyehatkan dan menjadi gaya hidup, ini bisa menghasilkan uang, mari kita bereksperiment dengan berbagai buah untuk menghasilkan anggur buah yang pas.

1 komentar:

  1. Kai berita Ndan? Udah dimane? Tak ada berite? Batam makin kacau lah. Lemah lesu. Tak ada can lagi. Sehat semua anggota pak? Kapan balek Batam? Sorry, baru balas skrg.

    Aku lagi sibuk ikut lomba foto pak. Abis, ngarapin gaji tak cukup. Mau merampok, takut. Jadi mafia lomba ajalah. Lumayan hadiahnya bisa beli nurung kerah.

    BalasHapus